Thursday, August 1, 2019

Konfigurasi Kabel LAN (STRAIGHT DAN CROSS)

Hallllooooo balik lagi di MAIGAT BLOG kali ini gua bakal share ke kalean Konfigurasi Kabel LAN (STRAIGHT DAN CROSS). Apa sihh itu LAN??? kenapa musti ada konfigurasi ??? aahhh asal colok aja kali kaya kabel listrik...,MATA mu kaya kabel listrik hahaha.. disini gua hanya mengikuti apa yang di pelajari saat kuliah, kalo kalean tanya ke gua ga usah pake konfigurasi juga bisa ya cobain aja sendiri ok..hahah, langsung saja bagaimana sihh caranya, ehhh tapi baca-baca dulu lahh bentar yaa supaya nambah ilmu dan informasinya ok.

Local Area Network (LAN) atau Bahasa Indonesianya Jaringan Area Lokal adalah sekelompok komputer dan perangkat periferal yang berbagi jalur komunikasi umum atau jaringan wireless ke server dalam area geografis yang berbeda. LAN dapat melayani sedikitnya dua atau tiga pengguna di rumah atau ratusan pengguna di kantor perusahaan. Pemilik rumah dan administrator teknologi informasi (TI) mengatur LAN sehingga node jaringan dapat berbagi sumber daya seperti printer atau penyimpanan jaringan.


Baca Juga Ini Dia Cara Mengatasi Micro SD Write Protect (100% Work)


Kabel Ethernet/kabel LAN adalah salah satu jenis kabel jaringan yang paling umum digunakan untuk jaringan kabel. Kabel Ethernet menghubungkan perangkat dalam jaringan area lokal, seperti PC, Router, dan Switch. Kabel fisik ini dibatasi oleh panjang dan daya tahannya. Jika kabel jaringan terlalu panjang atau berkualitas buruk, maka tidak akan membawa sinyal jaringan yang baik. Batasan inilah salah satu alasan mengapa ada berbagai jenis kabel Ethernet yang dioptimalkan untuk melakukan tugas tertentu dalam situasi tertentu.



STRAIGHT adalah kabel standar yang digunakan untuk hampir semua tujuan, dan sering disebut "kabel patch". Sangat disarankan untuk menirukan urutan warna seperti yang ditunjukkan gambar diatas. Perhatikan bagaimana pasangan hijau tidak berdampingan seperti pasangan lainnya(kasihan yaaa :'( wkwkwk).


Baca Juga Pengalaman Klik Iklan Sendiri Google Adsense

CROSSOVER Tujuan dari kabel Crossover Ethernet adalah untuk secara langsung menghubungkan satu komputer ke komputer lain (atau perangkat) tanpa melalui router, switch atau hub.


Terimakasih telah mengunjungi MAIGAT BLOG semoga Ilmu dan Informasi ini berguna untuk semua yang membaca dan jangan lupa untuk SHARE ke semua media sosial kalian...BYE BYE :)

Baca Juga Cara Mengubah Resolusi Raspberry Pi

Load comments